Kamis, 09 Desember 2010

Sangat Tidak Mungkin??`

ketika naik motor, melihat kemungkinan mengambil peluang nyalip mobil di depan, terbersit satu kalimat "sangat tidak mungkin". ya, "sangat tidak mungkin". ada apa gerangan??
saya memikirkan kata2 yang menyusun kalimat itu, "sangat", "tidak" dan "mungkin". nah, yang umumnya dipakai adalah "tidak mungkin". tapi sekarang orang2 banyak menggunakan padanan kata tersebut dengan menambahkan kata "sangat".
mari lakukan sedikit analisa *halah!*. kata "mungkin" menjelaskan tentang suatu keterangan dari waktu, apakah terjadi atau tidak. "tidak" sudah pasti kata yang ditambahkan untuk menyatakan kalimat negatif. dan "sangat" menyatakan kata sifat untuk menunjukkan lebih dari biasanya *maap kalo ada salah2 definisi*.
nah, untuk kalimat "tidak mungkin" memang digunakan untuk menyatakan kejadian yang tidak bisa terjadi. -catat: tambahan negatif oleh kata "tidak" menunjukkan bahwa 'kemungkinan' yang ada sudah Tidak Ada. tapi, tapi dengan adanya tambahan kata "sangat", pernyataan negatif yang sudah menyatakan tidak ada serasa diberi tambahan kata lebih. padahal -menurut saya- kalimat "tidak mungkin" sudah menunjukkan sesuatu yang tidak ada, dan sudah mutlak, tidak bisa ada embel2 yang lain. tambahan "sangat" seolah mendobrak sifat yang sudah mutlak, dan ini serasa tidak etis dari segi bahasa *ceilee..*. jadi, menurut saya tambahan kata "sangat" itu tidak boleh. hmm... apakah argumentasi saya benar???
I hope so.. []

Tidak ada komentar: