Rabu, 14 Agustus 2013

pikiran sekilas #1 - episode Hubungan Internasional

kepikiran doang, karena informasi yang gw baca tiap hari itu banyak banget, dan dari berbagai macam bidang ilmu. kali ini tentang Hubungan Internasional. seyogyanya saya ingin menanyakan hal2 ini kepada teman yang kuliah jurusan HI.
1. dari kemaren denger berita Edward Snowden, sang pembobol rahasia CIA yang meminta suaka kesana kemari. kira2 apa sih untungnya suatu negara ngasih suaka ke mas2 ini? gw pikir pasti ada efeknya. karena yang dibocorkan adalah US dan yang diminta suaka adalah negara2 yang notabenenya 'lawan' dari amerika, seperti Rusia dll. gw sih mikir, pasti ada undang2 yang berkaitan sama hal ini. secara, anak HI itu biasanya belajarnya tentang UU hukum internasional.
2. beberapa bulan yang lalu, ada pesawat kecelakaan dan jatuh di wilayah Indonesia. negera pemilik pesawat minta Black Box/ Kotak Hitamnya diperiksa oleh negara mereka. gw juga mikir, pasti ada kaitannya secara diplomatis mengenai investigasi black box itu, karena pesawat itu jatuh di wilayah negara lain.
3. ini sebenarnya yang ngeselin, pak presiden minta maaf ke negara tetangga (singapura) atas musibah kebakaran hutan di Riau dan asap yang mengganggu. pertanyaan orang yang gak ngerti (hukum internasional) pasti "ke negara lain minta maaf, ke bangsa sendiri malah gak, kok gitu?". gw bilang "orang yang gak ngerti" karena sepertinya ini juga ada kaitan secara diplomatis kenapa pak pres itu malah minta maaf ke orang lain, orang sendiri dibiarkan.
4.pak pres ini keliatannya sering banget kunjungan ke luar negeri. dan beberapa kali malah dilakukan saat di negara sendiri lagi ada masalah yang cukup krusial. ini juga jadi pertanyaan, tujuannya apa mentingin kunjungan ke luar negeri daripada beresin masalah di negeri sendiri? apa emang mempererat hubungan bilateral dengan kunjungan tersebut (kelak) bisa jadi solusi untuk permasalahan negeri yang ada saat ini? that's another question.
cukup sampe sini dulu, silakan kalo ada yang bisa bantu jawab. makasih :)

Tidak ada komentar: