Senin, 06 Juni 2011

apakah termasuk juga?

di kantor lagi dapet tugas nyari data makro tentang Child abuse, dan ternyata yang termasuk child abuse salah satunya adalah Child Labour atau bisa diartikan mempekerjakan anak di bawah umur. karena saya sering nonton Liga Inggris, saya sering melihat bahwa para pemungut bola di pinggir lapangan dalam pertandingan2 liga inggris itu semuanya anak kecil (ini dari penghilatan saya saja di layar kaca, tapi saya kira cukup jelas bahwa para pemungut bola itu anak kecil). saya jadi kepikiran, apakah itu termasuk Child Labour ataukah bukan?
gw juga bertanya2, kenapa industri sekelas liga inggris 'berani' menggunakan tenaga anak kecil untuk melakukan pekerjaan pemungutan bola. saya yang hanya sekilas melihat saja cukup prihatin terhadap kondisi ini. yang jelas saya belum dapat penjelasan dari manapun tentang kejelasan penggunaan tenaga anak untuk pemungutan bola itu. saya juga belum banyak mencari.
okelah, ada juga anak kecil yang dimintai bantuan dalam suatu pertandingan sepak bola, seperti ketika mengiringi para pemain masuk ke dalam lapangan dan juga memegang bendera fairplay (seperti yang sering terjadi dalam pertandingan2 piala dunia). untuk yang pertama, saya masih toleran, yang kedua juga mungkin masih agak toleran. tapi untuk kasus pemungut bola dalam liga inggris ini, saya cukup terusik, karena tugas/ kerja yang dilakukan para anak tersebut bisa jadi cukup menguras tenaga, dia harus tetap bersiaga memungut dan memberikannya kepada pemain ketika bola keluar, dan waktunya SELAMA PERTANDINGAN BERLANGSUNG!. tidakkah itu cukup melelahkan bagi para anak tersebut.
disamping durasi waktu yang ditempuh, perlu diperhatikan juga beberapa ancaman yang bisa didapat sang pemungut bola. misalnya: pemain yang sedang emosi, bisa jadi menjadikan mereka (pemungut bola) sebagai sasaran. atau ancaman bola nyasar dari tendangan pemain. serangan dari para penonton ketika kondisi pertandingan/ penonton mulai beranjak rusuh. serangan bisa jadi secara fisik/ langsung atau juga lemparan benda2 yang cukup membahayakan bagi sang pemungut bola. tidakkah ini juga perlu diperhatikan?
tentunya bagi saya pribadi, saya perlu mencari banyak informasi tentang para pemungut bola di liga inggris ini. dan apakah benar ini termasuk child labour yang termasuk ke dalam klasifikasi child abuse. harapan saya semoga saja tidak. harapan lain, semoga angka child labour dan child abuse di Indonesia dan di dunia bisa dikurangi atau malah bisa dihapuskan. amin ya robbal 'alamin. :)

4 komentar:

marchy mengatakan...

mungkin itu dari SSB, dan mereka juga pengen ngeliat idolanya maen bola, jadi sekalian bisa nambah pengalaman mereka, hehehe ...

matthrixx mengatakan...

mungkin juga sih.. ;D
tapi kasihan juga. gw takut kalo2 penonton rusuh, lempar2 barang gitu. mereka bisa kena..
atau pemain yg lagi emosi, keluar "tendangan karate eric cantona", kan bahaya tuh..

lambang Saribuana mengatakan...

kereen, menulis terus yah....

matthrixx mengatakan...

makasih pak Lambang Sarib
mari terus menulis :)