Sabtu, 04 Juni 2011

pelatih



sering nonton bola, sering baca berita tentang sepak bola, jadi sedikit menghayal apa yang dipikirkan seorang pelatih ketika menyusun strategi dan susunan pasukannya.
saya membayangkan apa yang dipikirkan seorang pelatih ketika menghadapi bursa transfer (atau sebenarnya bisa jadi ini dipikirkan setiap saat)
ketika menyiapkan starting 11 (eleven), sang pelatih pasti memikirkan bagaimana memasang para pemainnya dalam strategi agar didapat hasil yang optimal. bagaimana memilih penyerang, bek, gelandang dan lainnya. insting sang pelatih sangatlah unik, dia mempunyai pemikiran siapa saja pemain yang pas untuk dipasang dalam strateginya. ketika bursa transfer pun, jangan aneh jika pelatih terkadang 'rewel' meminta membeli pemain-pemain tertentu, karena di mata sang pelatih bisa jadi pemain-pemain tersebut sangatlah pas dengan strategi yang dia miliki/ terapkan. ketika kombinasi strategi dan pemain sudah lengkap, tentunya yang diperlukan adalah usaha para pemain dalam bermain selama 90 menit kedepan. tentang hasil yang mungkin kurang optimal, itu urusan lain karena sang pelatih, juga kita semua-manusia tidak dapat membuat suatu kepastian, semua bergantung dari kuasa Tuhan, ini yang harus selalu diingat. sang pelatih hanya berusaha/ berikhtiar untuk mencapai hasil terbaik dan Tuhanlah yang menentukan.

Tidak ada komentar: