Selasa, 04 Juni 2013

project kecil-kecilan #1

gimana kalo bikin project kecil2an? yang sederhana aja.
gara2 tempo hari liat project mini library di tumblr (aduh, linknya lupa disave) trus ditunjukin sama ai dan rere yang anak jurusan ilmu perpustakaan, jadi kepengen bikin juga. trus ditambah sama ngiri liat projectnya kamal yang bikin perpustakaan TigaSurau dan perkembangannya pesat banget. hmm.. tambah pengen deh.
makanya pengen coba bikin project kecil2an kaya gitu, disamping kemaren ai dan rere juga setuju pengen bikin juga, trus dari diri sendiri pengen bikin sesuatu yang unik di kampus biar lebih seru. 
project lain yang pengen dibuat adalah kampanye anti buang sampah sembarangan, karena miris liat sering banget selasar fakultas banyak sampah dan dilakukan oleh mahasiswa. ditambah lagi mereka melakukannya setiap saat tanpa rasa bersalah (sedikitpun). makanya pengen bikin kampanye baik online maupun offline untuk menyadarkan mereka para kotorsiswa dan mengurangi sampah2 yang selalu berserakan. kalo yang ini sih keliatannya cukup gede dari pada mini library karena akan perlu banyak perencanaan.
oke, sekarang ubek2 link minilibrary dulu buat bikin konsepnya. sekalian kalo ada ide2 nyelip buat kampanye anti nyampah, bisa dicatet juga. :D

[update]
nah, ini penampakan contoh perpus mini yang tadi saya bilang (sumbernya dari sini)
cukup sederhana bukan? tapi agak ribet pas nyari pohon yang bisa dipasangin dan rak bukunya. gapapa lah. contoh lain dari perpus mini ini seperti penampakan di bawah ini (sumber: designboom.com)
menurut saya ini cukup menarik. perpustakaan mini gratis. gratis maksdunya bebas membaca disini tanpa perlu jadi anggota perpusnya. yang mau baca tinggal dateng ambil buku baca di tempat.
oke, konsepannya kaya gini, bukunya nanti dari sukarela aja deh, ambil dari rumah saya atau nanti pas ada bazar buku murah/ bukfer kita beli buku2 yang ringan tapi harganya terjangkau, gak usah banyak2 dulu. untuk tempatnya, pake aja dus bekas air mineral ukuran botol kecil, minyak goreng isi ulang atau kardus lain yang bisa dibuat display seperti display minyak goreng yang dusnya dipotong melintang dari atas ke bawah lewat diagonalnya (eh, atau hypothenusa ya? hihi). jadinya kan buku bisa keliatan judulnya tapi bisa terjaga juga alias gak jatuh/ rubuh karena dipasang berdiri. karena pake kardus - dan memang ini konsepnya perpus mini - ya bukunya gak usah banyak2 (dulu).
untuk lokasi, di kampus kan banyak tuh tempat duduk di bawah pohon rindang seperti di depan perpus utama, atau juga bisa di taman fakultas/ rektorat. nah, disitu kita taro bukunya trus kita jagain atau sambil dibaca gitu. kalo emang keliatan orang2 yang lewat, nanti bakal pada tertarik dan ikut merapat. kalo emang kurang menarik, bisa kok pasang tulisan atau apa di kardus trus dipasang biar orang2 lewat bisa tau kalo ada perpus mini disitu.
cukup dijalanin aja dulu usul simpel ini, gak usah muluk2 dulu. ya mungkin seminggu sekali lah. gimana? setuju gak?

Tidak ada komentar: