Rabu, 25 Mei 2011

orang (marketing) baru

sekarang ini di tipi lagi sering banget muncul iklannya tokobagus dot kom, itu tuh portal belanja online yang logonya ada lampu bohlam trus ada merah2nya. ketika iklan itu sering muncul, klo gw mikir, jangan2 itu orang marketingnya baru. haha.. maap, ini cuma analisa sesaat dari bocah yang ngerti marketing dari belajar sesaat pula :D
lanjut aja ah.. hehe.. pemikiran gw ini bukannya gak beralasan. mari kita telaah.
pertama, setau gw, gak banyak-atau bisa dibilang gw belum tau ada portal belanja online yang mengiklankan di televisi (dan begitu gencar). yang gw tau, portal online yang mengiklankan paling2 portal berita, koran/ media massa dsb, yang lainnya bisa jadi malah website resmi suatu produk.
karena ini kemunculannya begitu tiba2, makanya gw curiga itu sama orang marketingnya tokobagus. yaa bisa jadi orang marketingnya baru atau memang orangnya lama tapi ada kebijakan baru (kalo yg kedua ini emang trivial, semua orang juga bisa nebak do! )hahaha.. tapi curiga2 begitu boleh dong, untuk mempertajam analisa marketig gw... ;p
kedua, beberapa bulan yang lalu, dunia belanja online kedatangan 'pemain baru' yaitu rakuten id. bisa dibilang sebenarnya rakuten ini bukan pemain baru, karena memang dia sudah meraup sukeses besar di negeri asalnya-jepang. nah, rakuten id ini merupakan portal belanja online baru yang diadopsi dari negeri asalnya. setidaknya orang2 di dunia sudah tau banyak tentang kiprah rakuten ini.
kemunculan rakuten id ini jadi asumsi gw yang kedua atas muncul (dan gencarnya) iklan oleh tokobagus. mereka (tokobagus) melakukan tindakan reaktif (dan juga masiv) untuk menandingi rakuten. jika asumsi gw yg kedua ini bener, bisa dibilang strategi tokobagus ini emang bagus. mereka bisa menandingi rakuten dengan gencarnya iklan dan juga fasilitas2 yang disediakan (contohnya: fasilitas gratis bagi customer).
yah, itu sih sekedar asumsi dan analisa gw aja. secara gw juga masih belajar dalam dunia marketing ini. satu yang perlu dicatat, ini bukan ngiklan loh ya, ini keluar dari pribadi gw sendiri, dan gw gak ada hubungan dgn tokobagus hehe..
doa gw sih, semoga dengan analisa2 kaya gini gw bisa belajar lebih banyak lagi tentang dunia marketing (dan advertising), semoga ilmunya bisa nemplok di otak dan bisa bermanfaat. amin ya Allah. :)

Tidak ada komentar: