Senin, 16 Mei 2011

perbuatan bernama ngeblog


udah lama sebenernya gw kecanduan yang namanya ngeblog. mungkin lebih tepatnya pas semester 7 waktu dulu masih kuliah. waktu itu kecanduan gara2 bikin blog baru di wordpress. kecanduannya karena ada topik yang ditulis (waktu itu ada sedikit2 tentang tutorial komputer dan beberapa yang lainnya) dan juga karena waktu itu kebetulan baru selesai belajar web programming di semester sebelumnya. tapi kalo ditanya kapan pertama kali berkenalan/ bikin blog, udah lama sebenernya. blog pertama gw di multiply dan sekarang udh jarang banget dibuka.
kalo sekarang, udah lebih kecanduan lagi (gak pake bahasa "addict" dari bahasa Inggris ah, biar pake bahasa Indonesia ajah.. weeekk.. ;P), mungkin juga sejak kerja dan akses internet yang lebih mudah di kantor, ditambah lagi banyak yang bisa dicoba, terutama yang baru itu, si tumblr, tambah bikin kecanduan deh.. hehehe..
baiklah, sedikit pengakuan (terlarang?) bahwa gw punya banyak blog. mari kita sebutkan, mungkin dengan sedikit deskripsi dan klasifikasinya hehe.. :
1. Multiply; ini blog pertama yang gw bikin. biasa, karena awalnya niru2 dari orang (kalo gak salah, gara2 mpok gw -yang cantik itu- bikin, jadimya gw ikutan). isinya? hmm.. udah agak lupa juga sih, habis udah lama gak dibuka. maap ya.. hehehe
2. Wordpress.
nah ini blog yang kedua dibikin. ini titik awal kecanduan ngeblog. yang jelas blog ini isinya tentang postingan serius, dengan tema2 diataranya: hadis, IT, tutorial, matematika, marketing dan lainnya sesuai dengan kemampuan dan hoby gw sendiri. kalo mo tau, blognya disini.
3. Blogger.
blognya ya yang ini. asli, sebenernya tujuan awal bikin blog ini adalah untuk menulis cerita tentang KKS (kuliah kerja sosial) dan memang dibuat menjelang kegiatan KKS gw waktu semester 6. tapi apa mau dikata, blog ini jarang diisi, dan cerita KKS pun menguap begitu saja tanpa ada bekas goresan tulisan.
dan sekarang, blog ini sudah berevolusi jadi tempat gw ngoceh tentang hal2 yang gw lihat, dengar dan alami sepanjang hari. tapi gak semuanya, ada juga yang memang berisi sedikit analisis. dan gw juga berusaha memasukkan hal2 yang sedikitnya bisa bermanfaat di sela2 ocehan gw. jadi mungkin blog ini bisa diklasifikasikan kurang (atau malah tidak) serius. alamatnya ya disini lah
3. Pesbuk.
hmm.. mungkin gw anggep bahwa note di pesbuk itu sebagai blog gw juga, karena emang isinya hampir sama kaya postingan blog yang laen, isinya analisis dan pembahasan lainnya, paling bedanya karena punya kelebihan bisa nge-tag (bahasa Indonesianya "menandai") teman2 yang laen. nah, di pesbuk itu emang kadang (agak seringnya) isinya mengarah ke serius, jadi ya mungkin gw klasifikasikan tingkatnya agak serius.
4. Friendster.
setelah agak lama pake friendster kala itu, gw baru tau kalo ada fitur blog juga. nah gw tertarik bwt ngisi, isinya?? hehehe.. ada deh, banyak yang rahasia disitu.. alamatnya? kasih tau gak yaa...?? ;p
5. Tumblr
nah, kecanduan gw bertambah gara2 blog yang ini. FYI, gw sampe bikin dua! satu serius satu lagi agak lebih nyantai.
yang serius isinya tentang kata2 mutiara gitu lah. kalo yang satu lagi, sengaja gw kasih nama "ceracau" karena emang isinya paling cuma postingan2 hasil reblog dari tumblr orang yang gw rasa lucu, unik atau bagus.
oiya, seiring berjalannya waktu, ternyata si ceracau itu mulai bermetamorfisis juga jadi lebih serius. klo temen2 baca, mungkin postingannya lebih banyak menyinggung tentang fenomena2 yang terjadi dalam Bahasa Indonesia. ya, gw sengaja mengkhususkan bagian serius dari blog itu dalam pembahasan Bahasa Indonesia. kalo mau tau tempatnya disini
kalo klasifikasi bwt blog tumblr ini, mungkin ke agak serius.. hehehe..
6. Posterous.
dasar emang otak gw gak jelas. gw selalu pengen nyoba yang laen, salah satunya posterous ini. gw juga masih belum ngerti banyak ttg blog yg satu ini, tapi gw udah bikin satu, yang jelas, gw baru tau kalo posterous ini bisa posting dari email, pesbuk, dan lainnya. yang pertama gw sebutin itu gw udh coba dan berhasil, yang lainnya gak tau. masih belum ngutakatik banyak.
isinya? maksud awalnya sih mau diisi pake twit2 dari akun2 yang gw follow di twitter yang sering memberikan kultwit ataupun kata2 yang bagus. tapi gak tau kenapa, jadi agak terbengkalai. kalo mo tau sih, bisa liat disini. klasifikasinya ya mungkin agak serius juga.
kesimpulannya, klasifikasi blog gw itu ada
1. Serius, contohya yang di wordpress, tumblr yang pertama dan posterous.
2. Agak Serius, kaya di pesbuk dan tumblr nomer 2
3. Kurang (atau tidak) Serius, contonya di blogger ini dan friendster

jadi, bisa itung sendiri gw punya berapa blog, yg jelas ada lagi blog laen yg gw kelola (gak gw kasih tau wee.. ;p). pertanyaannya, apakah anda iri dengan saya?? ;D

Tidak ada komentar: